Sepeda Motor Suzuki Satria Injeksi Lebih Bertenaga
Suzuki Indomobil Sales (SIS) R2 (roda du)a sepertinya tidak
akan lama lagi meluncurkan Satria dengan teknologi injeksi. Pasalnya para
mekanik bengkel resmi Suzuki telah melakukan pelatihan terkait dengan produk
tersebut.
Hal tersebut seperti disampaikan salah satu pemilik bengkel
spesialis Suzuki Satria Injeksi kepada Otomania, saat ditemui pada Jumat (12/12/2015).
Dirinya juga mengatakan, dengan ubahan baru, performa Suzuki Satria akan jauh
lebih baik dari model yang ada saat ini.
“Teman saya yang baru pulang dari pelatihan Satria injeksi
ini cukup kaget, karena performanya meningkat signifikan dibanding sebelumnya.
Saya jadi penasaran ingin menjajal dan membongkar mesinnya untuk melihat
setelan terbarunya,” ujar mekanik tersebut yang tidak ingin disebutkan
identitasnya.
Mantan mekanik bengkel Suzuki tersebut manambahkan, seperti
informasi valid yang dirinya terima, Satria terbaru menggunakan sistem
pendingin cairan. Kemudian di bagian dalam mesin, ukuran klep intake dan
exhaust menjadi lebih besar dari sebelumnya.
“Ukuran klem berpengaruh terhadap hasil akhir (tenaga yang
keluar). Semakin besar klepnya, campuran bahan bakar dan udara semakin besar,
sehingga performa akan terdongkrak. Ukuran klep Satria karburator saat ini,
untuk intake 22, exhaust 19, sementara Satria injeksi, intake 24 exhaust 21,”
tuturnya.
“Lalu final gear unutk yang injeksi berukuran 14 untuk depan
dan 39 belakang, sedangkan sebelumnya 14 depan dan 43 belakang. Seharusnya
dengan turunnya ukuran gear belakang, putaran bawah mesin akan sedikit lemot.
Namun teman-teman mekanik yang sudah mencoba sewaktu training mengatakan,
putaran bawah justru lebih galak dari sebelumnya. Berarti luar biasa ini
performanya,” ujar pria yang sudah 14 tahun akrab dengan sepeda motor Suzuki.