Penggunaan Ban Lebar atau Besar Pada Motor Matik
Menggunakan Ban Besar Motor Metik dan terlau besar atau yang dikenal dengan
ban gambot merupakan salah satu modifikasi yang diminati. Apalagi saat ini,
banyak produsen yang membuat ban tersebut, terutama untuk skutik.
Selain Motor Metik terlihat lebih gaya dan macho, ban gambot diklaim
memiliki keseimbangan yang baik dan mampu meredam guncangan jalan dengan
maksimal.
Tetapi, di balik manfaat tersebut, ada pula kerugiaan
penggunaan ban gambot, khususnya pada motor skutik. Kerugian ini disebabkan
karena karakter ban motor yang berdiameter besar. Apa saja kerugiannya? Berikut
ulasannya.
- Kurang lincah
Menggunakan ban gambot membuat pengendalian motor lebih
stabil dan cengkraman lebih kuat. Tetapi, saat kondisi jalan padat atau macet,
motor akan lebih sulit bermanuver. Pada akhirnya, kelincahan motor pun akan
berkurang.
- Kerja rem ekstra
Beban yang harus ditanggung rem semakin berat dengan
menggunakan ban gambot. Hal ini tidak lain disebabkan karena ukurannya yang
lebih besar dibanding ukurang standar pabrikan. Ini membuat kinerja piranti rem
lebih berat.
Meskipun demikian, saat mengubah ban biasanya bengkel
modifikasi juga menawarkan piringan rem dengan diameter yang lebih besar.
Tetapi biasanya, keawetan piranti tersebut berada di bawah kualitas pabrik.
- Boros bensin
Selain rem, kerja yang lebih berat juga akan dialami oleh
mesin. Semakin besar tenaga yang harus dikeluarkan, maka semakin besar pula
asupan bensin yang dibutuhkan mesin. Karenanya, ban gambot akan membuat motor
semakin boros bahan bakar.
- Perawatan ekstra pada CVT
Sama seperti yang sebelumnya, ukuran ban yang besar akan
membuat kinerja v-belt belt lebih ekstra. Pada motor skutik, ada potensi
penurunan kinerja CVT hingga lebih mudah rusak bila menggunakan ban gambot.