News Update :
Home » » Resiko Gonta – Ganti Merek Oli Motor

Resiko Gonta – Ganti Merek Oli Motor

Penulis : Unknown on Sunday 4 October 2015 | 16:07

 

Gonta – Ganti Merek Oli Motor Apakah Aman atau Tidak


Oli adalah salah satu hal yang penting untuk kendaraan bermotor. Selain untuk memperlancar kinerja mesin, tentunya ada juga manfaat dalam segi perawatan umur mesin. Lantas ada mitos yang tersebar di masyarakat, yakni dilarang gonta-ganti merek oli karena bakal bikin mesin rusak. Benarkan demikian?

Bahayanya Gonta – Ganti Merek Oli Motor Faktanya adalah benar. Namun juga salah. Tergantung dengan bagaimana cara penggantian oli tersebut. Penjelasannya sebagai berikut.

Sejatinya masing-masing merek oli memiliki formulasi yang berbeda dengan keunggulannya masing-masing. Terlebih lagi merek-merek terkenal tentu sudah punya standar yang bagus dan disesuaikan. Akan tetapi tetap dikhawatirkan adanya perbedaan senyawa yang dapat menimbulkan efek buruk pada mesin.

Efek buruknya bisa saja berupa endapan yang sangat memungkinkan mengurangi performa motor. Untuk itu, sangat tidak disarankan sering gonta-ganti merek oli agar mesin tidak cepat rusak.

Akan tetapi ganti merek oli masih tetap boleh dilakukan dan masih dibenarkan. Asalkan cara penggantiannya juga harus diperhatikan. Entah itu diganti dengan yang lebih murah atau yang lebih mahal, penggantian merek oli harus melalui prosedur yang ditetapkan.


Usahakan melakukan flashing terlebih dahulu. Flashing adalah menguras mesin dari sisa-sisa oli lama agar tak tertinggal di dalam. Selanjutnya baru memasukkan oli dengan merek baru agar perbedaan senyawa yang dikhawatirkan di atas tidak terjadi. Setelah itu, hidupkan mesin dan biarkan tercampur terlebih dahulu untuk beberapa saat.

Kemudian buang oli mesin sepedamotor yang baru Anda isikan untuk memastikan sisa dari oli lama ikut terbuang. Selanjutnya isi lagi dengan oli baru kemudian diamkan beberapa saat dengan kondisi mesin menyala sebelum digunakan untuk berjalan.

Jadi, sebenarnya ganti merek oli mesin memang diperbolehkan meskipun lebih baik tetap menggunakan merek yang sama jika tak ingin ribet. 


Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. SEPEDA MOTOR . All Rights Reserved.
Design Template by kwanyar-news | Support by creating website | Powered by Blogger