News Update :
Home » » Perpanjang SIM Online Seluruh Indonesia

Perpanjang SIM Online Seluruh Indonesia

Penulis : Unknown on Sunday 4 October 2015 | 15:57

Perpanjang SIM Online di SIM Keliling? Bisa Saja


Perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) secara online telah resmi diberlakukan. Setiap orangyang masa berlakunya SIM-nya habis, bisa mengajukan perpanjangan di tempat pembuatan SIM seluruh Indonesia.

Perpanjangan tidak lagi hanya bisa dilakukan sesuai daerah asal pemegang SIM. Lantas bagaimana dengan keberadaan layanan SIM keliling yang selama ini telah dioperasikan oleh Polri. Bisakah perpanjangan SIM online juga bisa dilakukan di mobil khusus ini?

Perpanjang SIM Online Seluruh Indonesia Jawabannya adalah bisa. Diungkapkan Kasubdit Regiden Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Maulana, layanan SIM keliling juga diubah menjadi SIM online. Polri telah memberikan fitur khusus pada armada SIM keliling sehingga bisa menunjang proses SIM online. Masyarakat bisa memanfaatkan layanan dari SIM keliling tersebut untuk memperpanjang lisensi bekendaranya.

    “Karena ini sistemnya sudah online, SIM dari Polda manapun bisa diperpanjang di sini, jadi sudah nasional,” ujar Maulana seperti dikutip dari laman Kompas.

Maulana mengingatkan, masyarakat perlu memahami kata “online” yang melekat pada layanan SIM online ini. Jangan sampai terjadi salah kaprah sehingga definisi yang dipahami oleh masyarakat tidak sesuai dengan makna sebenarnya. Kata “online” berfokus pada penyamaan dari sistem database sehingga dapat diakses di seluruh Indonesia.


    “Jadi bukannya masyarakat bisa perpanjang sendiri (masa berlaku) SIM-nya lewat internet begitu. Tetap harus ke layanan SIM keliling ini yang akan berpindah-pindah tempat setiap harinya,” tuturnya.

Keberadaan SIM online makin mempermudah msyarakat dalam memperpanjang SIM. Mereka yang merantau ke luar daerahnya bisa dengan mudah untuk memperpanjangnya pada loket terdekat di domisilinya. Masyarakat dapat pula mengakses website SIM online untuk mendapatkan nomor antrean. Dengan begitu tidak perlu menunggu lama antrean saat memanfaatkan layanan ini.

Share this article :
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. SEPEDA MOTOR . All Rights Reserved.
Design Template by kwanyar-news | Support by creating website | Powered by Blogger