Bedah Mesin Motor Skutik Yamaha Terbaru
Donny Apriliananda Yamaha All-New Soul GT (kiri) dan Mio M3,
menggunakan mesin yang sama namun ada pembeda.
Yamaha Indonesia mengenalkan All-New Soul GT, Selasa
(3/3/2015) di Ancol, Jakarta Utara, dengan mesin 125cc. Jantung baru
berteknologi Blue Core yang efisien ini sama persis dengan yang dipakai Mio M3.
Kendati sama, ditegaskan bahwa keduanya tetap punya perbedaan.
M Abidin, GM Motorsport and Aftersales Yamaha Indonesia
dalam peluncuran mengatakan bahwa bobot All-New Soul GT lebih berat 4 kg
ketimbang Yamaha Mio M3, yakni 96 kg. Hal itu disebabkan karena bobot cover bodi dan
beberapa komponen yang cukup kompleks.
Alhasil, mesin harus disesuaikan untuk menyesuaikan bobot.
”Kami mengantisipasinya dengan mengurangi bobot roller pada CVT, dari 12 gram
di Mio M3 menjadi 10 gram di All-New Soul GT. Saat diperingan, torsi semakin
dapat sehingga akselerasi tetap baik,” jelas Abidin.
Dirinya lantas memberi penggambaran, bahwa komponen roller
ini adanya di bagian crankshaft sebelah kiri untuk menunjang kopling CVT.
Roller ini adalah pemberat yang berputar membentuk gaya sentrifugal. Semakin
berat bobotnya, semakin mudah terlempar dan akselerasi semakin kuat.
Meski akselerasi dan kemampuan hampir sama, All-New Soul GT
lebih boros 1-2 kpl ketimbang Mio M3. Namun Abidin mengatakan konsumsi bahan
bakar masih tergolong sangat irit untuk ukuran mesin 125cc.
Yamaha mengenalkan generasi ”Soul” pertama kali pada 2007
dengan Mio Soul karburator 115cc. Lalu diperbarui pada 2012 dengan Soul GT
bermesin YMJET-FI. Kini, generasi ketiga hadir dengan nama All-New Soul GT yang
mengusung mesin Blue Core dan naik kelas ke 125cc.