Mengatasi Kelemahan Honda Vario Injeksi
Sebagian pemiliki motor Vario PGM-FI mungkin pernah
berurusan dengan tidak berfungsinya starter elektrik maupun starter injak. Di
samping itu disertai pula dengan respons lambat dari pengegasan di tangan
selama beberapa detik, lalu mendadak berjalan mengejut kencang. Saat gejala
makin parah, kadang menjadikan motor tidak bisa sama sekali dinyalakan.
Bagaimana mengatasi hal ini?
Perbaikan Masalah Honda Vario Injeksi dan Dikutip dari laman Detik Oto, ada beberapa
cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Namun ini perlu kejelian dari
pemilik untuk memahami penyebab masalahnya. Pertama, putar kunci pada posisi
ON. Jika di panel speedometer tidak ada kedipan0-kedipan lampu, maka sistem
injeksi dalam keadaan sehat.
Lanjutkan dengan mengecek buny denging di bawah tangki
bensin saat posisi kunci kontak ON. Bunyi ini harus dipastikan terdengar karena
menunjukkan bersenya kerja pompa bahan bahar. Kalau sampai tidak terdengar
denging dalam tiga detik, kemungkinan ada masalah pada bagian ini. Segera cek
kendaraan ke bengkel Honda terdekat.
Pengecekan selanjutnya adalah pada kick starter atau starter
injak. Normalnya starter ini bekerja dengan terasa agak berat sebagai petunjuk
bekerjanya kompresi mesin. Kalau ditemui saat diinjak terasa ringan sekali
menandakan ada kebocoran pada kompresi. Efeknya motor tidak mau hidup. Hal
demikian juga perlu dilakukan penanganan di bengkel Honda.
Motor dengan sistem injeksi kadang dikatakan lebih rumit
penangannya saat rusak. Namun dengan penanganan yang benar, anggapan tersebut
hanyalah mitos. Selalu rawat kendaraan Anda dan lakukan servis berkala sebagai
langkah pencegahan terhadap kerusakan berat.