Fitur Canggih Ala Honda CBR250RR 2 Silinder
PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya meramaikan pasar motor
sport dua silinder 250 cc dengan memperkenalkan Honda CBR250RR. Motor ini kini sudah
bisa dipesan oleh konsumen secara online.
Pabrikan berlambang sayap mengepak ini bisa dibilang
terlambat masuk di segmen yang sebelumnya dikuasai Kawasaki Ninja 250 dan
Yamaha R25.
Atas dasar itu, Honda pun telah menyiapkan formulasi agar
CBR250RR bisa mematahkan dominasi kompetitor. Berdasarkan informasi yang
didapat Liputan6.com, motor sport seperempat liter ini ternyata punya fitur
yang tak ada di Ninja 250 dan R25 dan Harga Honda CBR250RR 2 Silinder, Tak
Sampai 70 Juta?
Berikut ada tiga fitur pembunuh Ninja 250 dan R25 yang ada di CBR250RR:
1. Suspensi depan up-side down
Honda pintar mencermati pasar. Ketika Ninja 250 dan R25
menggunakan suspensi teleskopik di depan, CBR250RR punya nilai plus dengan
menganut suspensi up-side down.
2. Throthle-by-wire
Honda CBR250RR juga mengimplementasikan teknologi
throttle-by-wire (TBW). Ini menandai CBR250RR sebagai yang pertama menggunakan
fitur ini.
Sistem ini bekerja berkat Accelerator Position Sensor (APS)
yang ada di sisi kiri gas. Di mana ia akan mendeteksi secara otomatis putaran
tuas gas dan mengirimkan signal elektrik ke ECU. Sistem ini juga diaplikasikan
di RC213V.
Sehingga, Honda pun menghadirkan fitur modus berkendara
untuk melengkapi penggunaan sistem TBW. Ada tiga mode, Comfort, Sport, dan
Sport +.
3. Dual knalpot
Fitur ini cukup menonjol pada CBR250RR. Ya, Honda
mengaplikasikan dual knalpot dengan desain agresif.
Adapun, knalpot ini punya konfigurasi dua leher knalpot kemudian
keluar pada satu pipa dan kemudian didistribusikan pada dua lubang silincer
(2-1-2).